Selasa, 18 Agustus 2015

Jalur Alternatif Wisata Jogjakarta

Jogjakarta, Jogja, Yogya maupun apa orang menyebutnya. Salah satu Daerah istimewa di Negara Indonesia yang memiliki kultur budaya yang sangat bersahabat, kesantunan yang sangat di utamakan dalam keseharian, tutur kata yang selalu di jaga, kesopanan dan keramahan sangat melekat pada diri masyarakatnya. Tidak jarang kota ini banyak diminati oleh wisatawan untuk mengisi waku liburnya untuk berkunjung ke kota ini dan menjadikanya paket wisata keluarga.
Letak geografis Daerah Istimewa ini terletak di tengah dan selatan pulau jawa, yang menyimpan begitu banyak tempat wisata yang indah untuk dikunjungi, baik itu wisata budaya, wisata belanja, wisata laut dan wisata alam.
Jika dari anda belum pernah ke jogja dan belum mengetahui peta wisata yang harus di kunjungi, mungkin saya akan memberikan sedikit jalur alternatif wisata di wilayah jogjakarta.
Hari Pertama :
Jika anda datang berkunjung dengan menggunakan kereta api, pesawat, bus, maupun mobil pribadi maka segeralah mencari tempat penginapan atau hotel yang bisa anda jumpai di wilayah malioboro, prawirotaman ataupun yang lain sesuai selera dan bekal uang anda. setelah itu santai sejenak di tempat penginapan karena perjalanan anda pasti membawa rasa lelah.
Ada baiknya memulai perjalanan wisata anda pada pagi hari, di mulai dari berkunjung ke Kraton Kasultanan Yogyakarta, disana anda dapat memperoleh ilmu pengetahuan akan budaya Jawa dan sejarah tentang Yogyakarta. 
Setelah berkunjung ke Kraton anda bisa melanjutkan perjalanan ke Taman Sari, sebuah tempat dimana kita dapat menikmati sejarah dan romansa budaya.
Setelah hari beranjak siang anda dapat melanjutkan perjalanan wisata ke kebun raya Gembira Loka, selain bisa menikmati pemandangan aneka satwa, disana anda bisa menyejukkan diri di bawah rimbunnya pepohonan.
Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan, disana pula anda bisa menikmati wisata sejarah dan budaya.
Setelah itu lanjut kan perjalanan ke Kaliurang, disana anda dapat menikmati wisata alam dan memandang secara dekat gunung merapi.
Setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan wisata ke Candi Borobudur, sama halnya di candi prambanan anda dapat menikmati wisata sejarah dan budaya. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Monumen Jogja Kembali. jika hari belum sore anda bisa masuk dan menikmati wisata sejarah nasional indonesia, namun jika hari sudah sore dan obyek wisata sudah tutup untuk masuk, maka anda masih bisa di manjakan dengan taman wisata lampion yang berada di pelataran monumen.
Hari sudah pasti menjelang malam, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Tempat penginapan / hotel.
Ketika hari sudah gelap dan tenaga masih ada, maka berkunjunglah ke titik nol jogja, yang tepatnya berada di depan kantor pos besar / monumen sebelas maret / benteng verdeburg. di sana ada tempat duduk untuk bersantai dan pasti banyak wisatawan yang berada di situ. setelah itu anda bisa naik becak atau taksi maupun kendaraan lain untuk menuju ke Tugu Jogja, disaat malam hari atau tengah malam adalah moment yang tepat untuk berfoto di area Tugu Jogja, karena selain lalu lintas yang sudah sepi sehingga kita dengan mudah untuk mendekatinya juga view untuk berfoto ria juga semakin bagus.
Hari Kedua :
Untuk hari kedua anda bisa menikmati wisata alam, pagi hari anda bisa berangkat ke pantai Parangtritis / Parang kusumo, udara pagi hari sangat cocok untuk memanjakan hidung dan kulit, saya menyarankan pagi - pagi benar anda berangkatnya agar waktu berwisata bisa penuh.
Setelah puas menikmati alunan suara debur ombak pantai parangtritis, maka anda bisa melanjutkan perjalanan naik jalur pegunungan di gunungkidul. melewati jalur selatan anda bisa menyusuri pantai dai gunungkidul, mulai dari pantai paling barat, baron, kukup, krakal dan pantai - pantai baru seperti pantai Indrayanti.
Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan untuk menikmati wisata alam berupa goa yang sering muncul dan di tayangkan di TV, bahkan juga sering di buat acara dan iklan, letaknya di kecamatan semanu, anda dapat menjumpai wisata alam yang bernama Goa Jomblang, Grubuk dan Kali suci.
Setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan ke kecamatan karangmojo, disana terdapat tempat wisata sungai di bawah tanah, anda dapat menyusurinya dengan ban karet, tempat tersebut adalah Goa Pindul. anda dapat bermain dengan jernihnya air dan menikmati pemandangan bebatuan alam yang sangat menawan.
Setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan untuk menuju ke kota jogja lagi, saran saya usahakan pada sore hari karena anda masih akan di suguhkan pemandangan yang dapat memanjakan mata. Tempat singgah berikutnya adalah Bukit patuk, yang merupakan perbatasan antara kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. di tempat itu anda akan menikmati Sunset dari atas bukit. dan ketika matahari sudah tenggelam anda akan disuguhi oleh pemandangan gemerlap lampu jogja dari atas ketinggiian bukit.
Ketika sudah puas menikmati pemandangan malam saat nya anda kembali kepenginapan untuk istirahat.
Hari Ketiga :
Setelah bangun Pagi jalan kaki lah memutar wilayah sekitar penginapan / hotel sembari berolahraga jalan sehat pagi. sembari mencari jajanan yang alami dan jauh dari bahan pengawet dan yang pasti rasanya tidak kalah dengan jajanan modern, selain itu masalah harga pasti terjangkau.
Waktu sudah beranjak siang maka untuk mencari oleh - oleh anda dapat berbelanja di Malioboro maupun pasar Bringharjo atau tempat lain sesuai yang anda inginkan. Setelah itu anda sudah siap untuk kembali pulang ke rumah dengan membawa berjuta kenangan dari Jogja Tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar